Saturday, August 22, 2015

Inilah Mereka Yang Pantas Dicap Penduduk Asli Jakarta


Suku Betawi merupakan kelompok masyarakat yang diyakini seluruh orang Indonesia sebagai penduduk asli Jakarta. Secara garis besar penduduk betawi dapat dibedakan menjadi beberapa macam kelompok. Pengelompokan ini dilakukan berdasarkan latar belakang sosial-ekonomi dan lokasi distribusi yang disebabkan oleh perjalanan sejarah. Penggolongan tersebut yang dimaksud adalah Betawi Pinggir, Betawi Tengah dan Betawi Udik. Sedangkan orang betawi yang tinggal di Kota Jakarta disebut “Betawi Kota”. Kemudian orang betawi yang tinggal di pinggiran kota disebut “Betawi Ora”.


Perlu dicatat bahwa Betawi Ora lah yang layak disebut sebagai penduduk asli Jakarta karena masih memegang teguh dan secara konsisten mempertahankan tradisi betawi. Sementara masyarakat “Betawi Kota” telah bergaya hidup diluar dari budaya dan tradisi Betawi karena pengaruh dari luar yang memang biasanya mempengaruhi gaya hidup penduduk kota metropolitan di seluruh dunia.

Populasi penduduk asli Betawi yang bermukim di dalam Kota Jakarta tinggal sedikit sekali. Biasanya mereka hidup berkelompok pada daerah tertentu dan masih dalam satu garis keturunan. Sebagian dari mereka masih menganut gaya hidup tempo dulu. Hal ini dapat dilihat pada acara-acara perkawinan, lebaran, khitanan maupun didalam kehidupan mereka bermasyarakat. Walaupun ada pergeseran budaya pada generasi muda Betawi, namun mereka masih memegang tehuh ajaran agama islam. Akibat dari proses modernisasi dan urbanisasi, banyak orang betawi kota yang menjual tanah mereka dan tinggal di daerah yang lebih pinggir yang memiliki harga jual tanah yang masih tegolong murah.

Namun, beberapa terbitan yang secara khusus membahas tentang penduduk asli Jakarta tidak memberi informasi yang diharapkan tentang masa lalu dari kehidupan sehari-hari.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment