Friday, June 12, 2015

Kawasan Mandeh, Keindahan Raja Ampat di Sumatera Barat



Kawasan wisata Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatas langsung dengan Kota Padang. Kawasan ini hanya berjarak 56 KM dari Padang dengan luas ± 18.000 Ha dan waktu tempuh sekitar 56 menit. Wisata Mandeh melingkupi 7 kampung di 3 nagari yang dihuni oleh 9.931 jiwa penduduk dengan mata pencaharian bertani, beternak dan nelayan.


Objek wisata kawasan Mandeh (Mandeh Resort) sudah dikenal baik ditingkat nasional dan internasional dengan adanya investasi asing (Itali), mengembangkan resort wisata yang dikenal dengan Cubadak Paradiso. Bahkan kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken. Kawasan Wisata Mandeh sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi.

Lokasi ini disebut sebagai kawasan wisata Mandeh karena salah satu kampung yang ada di kawasan ini bernama Kampung Mandeh yang terletak di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Teluk Carocok Tarusan cukup landai dan tidak berombak karena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil di antaranya Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Kecil dan Besar, selain tentunya Pulau Cubadak. Sementara di bagian selatan kawasan ini tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan kail, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riaknya yang selalu bernyanyi tak henti-hentinya.

Di sisi utara kawasan Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar yaitu; Pulau Bintangor, Pulau Marak, Pulau Ular, dan Pulau Pagang yang berdampingan dengan Sikuai Island. Di sepanjang pantai dari Kampung Sungai Pisang sampai ke Kampung Carocok kawasannya cukup landai dan berpasir putih dengan beberapa pohon pelindung seperti pohon kelapa, pohon waru, pohon nagka dll. 7 kampung dari 3 nagari di kawasan ini termasuk ke dalam kawasan pengembangan wisata yaitu; Kampung Mudiak Air, Kampung Simpang Carocok, Kampung Pulau Karam, Kampung Sungai Nyalo, Kampung Sungai Tawar, Kampung Sungai Pinang, dan Kampung Teluk Raya. Penduduk sekitar kawasan Mandeh terkenal cukup ramah dan cepat berbaur dengan masyarakat pendatang, bahkan suka membantu.

Gerbang masuk kawasan Mandeh dapat dicapai melalui laut dan jalan darat. Bila naik kapal bisa dari pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari pelabuhan Muara Padang serta dari teluk Tarusan. Sedangkan melalui jalan darat terdapat dua alternatif yang berbeda, yaitu dari Carocok Tarusan dan dari Sungai Pisang Padang.
 Keindahan Raja Ampat ada di Sumatera Barat
Terdapat beberapa pulau kecil yang terletak pada bagian Teluk Carocok. Birunya air laut yang sangat mempesona serta dihiasi dengan warna hijau. Pantai dengan hamparan pasir putih nya terlihat begitu asri. Lingkungan yang bersih dan terjaga membuat Teluk Carocok memiliki nilai tambah tersendiri.

Adapun pulau-pulau yang berada dibagian Teluk Carocok antara lain Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Kecil dan Besar serta yang paling ternama adalah Pulau Cubadak. Pulau Cubadak juga terdapat Resort Cubadak Paradiso. Nikmati juga sensasi berlibur di Pulau Cubadak, yang menjadikan ketenangan dan kesunyian nilai jual dari pulau ini. Saking tenangnya, aktifiktas seperti jet ski tidak ditemukan disekitar pulau. Karena dikhawatirkan kegiatan itu dapat mengganggu kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Sedangkan dibagian utara terdapat juga beberapa pulau yaitu Pulau Bintangor, Pulau Marak, Pulau Ular dan Pulau Pagang. Pulau Pagang terletak berdampingan dengan Pulau Sikuai. Gugusan pulau-pulau kecil dengan kekayaan biota laut juga menjadikan Kawasan Wisata Mandeh “kembaran” dari Raja Ampat.


Apabila kita ingin menyaksikan keindahan wisata Mandeh dari ketinggian, maka pergilah ke puncak Mandeh yang menjadi salah satu tempat tujuan dengan pemandangan terindah. Berada di puncak Mandeh, maka kita dapat melihat gugusan kepulauan kecil dan kegiatan kapal nelayan. Hal ini menjadi salah satu keindahan alam yang ditawarkan oleh Kawasan Mandeh.

Alam bawah laut Kawasan Wisata Mandeh juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Kita bisa malakukan berbagai aktivitas seperti Diving bahkan Snorkeling, atau hanya berendam menikmati segarnya air laut. Rasanya tidak cukup mengambarkan pesona alam yang merupakan “kembaran” Keindahan Raja Ampat ada di Sumatera Barat ini.

Sebuah tujuan wisata bahari yang menyuguhkan panorama alam dan lingkungannya yang tenang. Berjarak sekitar 56 Kilometer dari Kota Padang, dengan waktu tempuh sekitar 70 menit dengan mobil. Jika anda sudah pernah ke Pulau Bali, Lombok dan Raja Ampat, jangan lupa lengkapi tujuan wisata anda ke Kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat.