Tuesday, June 16, 2015

Sisi Baik Dari HITLER (Manusia Paling Kejam Di Dunia)



Jika mendengar nama ‘Adolf Hitler’ apa yang anda bayangkan? Pasti sebagian besar orang akan berkata bahwa Hitler merupakan seorang tokoh diktator paling kejam didunia. Bahkan jika diurutkan daftar diktator dunia, maka nama Adolf Hitler akan merajai daftar tersebut. Wajar, karena Hitler memang dikenal dunia sebagai sosok yang keras, sering berkata kasar, kejam, jahat, otoriter, dan beratribut menyeramkan. Sehingga kesan pertama bagi yang melihat atau mendengar namanya akan langsung ingat dengan sifat – sifat yang saya uraikan diatas. Memang seperti itulah penggambaran yang terdapat dalam buku – buku sejarah diseluruh dunia.
 
Hitler diduga terlibat dalam beberapa kasus mengerikan dan kontroversial dunia. Sebut saja tragedi Holocaust. Merupakan kasus pembunuhan dan pembantaian sekitar enam juta orang yahudi di Eropa pada januari 1933 karena dianggap sebagai ancaman terhadap ras Jerman. Hitler diduga dalangnya walaupun tidak pernah ditemukan bukti–bukti kuat yang dapat membenarkan kejadian ini.

Tapi tak dapat dipungkiri, banyak pula hal-hal yang extraordinary dari seorang Hitler. Tidak ada manusia di bumi ini yang sepenuhnya jahat. Dibalik segala keburukannya, Hitler juga mempunyai sisi baik yang hanya diketahui sebagian kecil orang. Ada sisi lain yang dapat kita ambil hikmah dari sifat tokoh yang lahir pada tanggal 20 April 1889 ini.

Hitler pandai membuat orang disekelilingnya terpukau dengan pidato politiknya. Ia selalu disambut antusias dan tepuk tangan meriah pendengarnya. Ya, gelar orator terhebat sepanjang masa pun melekat padanya. Ia bercita – cita menjadi seniman. Saat berumur delapan belas tahun, Adolf Hitler telah menjadi yatim piatu. Dengan uang seadanya peninggalan almarhum kedua orang tuanya, ia pindah ke kota Vienna, Ibukota Austro Hungaria (negara Austria sekarang). Kecintaannya terhadap seni telah mengantarkannya pada pusat kota yang menghasilkan seniman – seniman besar dunia seperti Bethoven dan Mozart.

Walaupun sifat malas yang menjadi kebiasaannya sulit untuk dirubah. Namun, ia juga adalah orang yang gila membaca. Saking cintanya, saat menjadi tunawisma dan tinggal dirumah penampungan di Vienna ia pernah mengambil semua surat kabar harian yang tersedia disana, membaca sejumlah pampflet politik, dan meminjam banyak buku dari perpustakaan tentang sejarah Jerman dan mitologi Nordik.

Hitler tidak merokok, tidak main perempuan, tidak berjudi, minum minuman keras dan seorang vegetarian. Hitler adalah seorang pecinta hewan, terutama anjing (dia mempunyai dua ekor anjing). Hitler seorang yang menyukai ide-ide baru dan tidak ortodok. Dia pun seorang jenius militer yang cukup brilian, walaupun terlalu otoriter.

Hitler merupakan seorang pemimpin yang disegani dizamannya. Tidak ada yang dapat menolak pernyataan tersebut. Ia bahkan pernah memimpikan berdirinya kekaisaran Jerman yang mencakup seluruh wilayah Eropa. Sifat nasionalisme yang tinggi merupakan hal utama yang saya petik dari sejarah hidup Hitler. “Bangsa Jerman adalah ras yang paling unggul di muka Bumi”, merupakan kalimat arogan yang keluar dari mulut Hitler dan menguatkan bukti bahwa Hitler benar – benar mencintai dan menghormati negaranya.

Banyak kesaksian dari staff-staff dan pembantu - pembantu pribadinya yang mengatakan Hitler adalah sosok pemimpin kharismatik yang luar biasa, seorang pemimpin yang jenius. Sayangnya, banyak hal-hal baik tentangnya seakan-akan sedang berusaha untuk dihapus dari catatan sejarah oleh sekelompok orang tertentu. Bagaimanapun buruknya seseorang, pastinya dia punya segi positifnya juga.

Penulis merupakan Mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2012, Universitas Andalas

No comments:

Post a Comment