Monday, June 15, 2015

BOOM,, Inilah 9 Film Box Office Hollywood Yang Syuting Di Indonesia


Indonesia memiliki sekitar 13000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Maroke. Tak hanya itu Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman budaya.

Terletak di wilayah lintang garis khatulistiwa dan beriklim tropis membuat Indonesia kaya akan tempat wisata yang indah. Selain itu masih terdapatnya tempat-tempat sejarah dengan arsitektur bangunan klasik menjadikan Indonesia sebagai pilihan kunjungan wisata.

Tak sekedar kunjungan wisata, kini keunikan Indonesia ini mulai dilirik oleh para sineas Hollywood. Hal ini terbukti dengan banyaknya film Hollywood yang memilih Indonesia sebagai lokasi syuting. Berikut 9 film Hollywood yang berhasil meledak di pasar film Internasional dan syuting di Indonesia

1.      BLACKHAT (2015)

Film Hollywood terbaru bergenre action 'Blackhat' melakukan syuting di berbagai lokasi di Chicago, Hong Kong, hingga Jakarta.

Berbeda dari film Hollywood lainnya yang melakukan syuting di Indonesia, film ini cukup banyak menampilkan trademark (ciri khas) Indonesia dan kota Jakarta, dari sisi budaya, lokasi-lokasi yang populer, sampai bangunan bersejarah (landmark).

Di film Blackhat, yang bercerita tentang hacker yang memburu hacker, ibukota Indonesia, Jakarta, menjadi tempat bertemunya Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth) dan Lien Chen (Wei Tang) dengan para penjahat cyber yang dipimpin Sadak (Yorick van Wageningen) dan Kassar (Ritchie Coster) yang diceritakan berasal dari Lebanon.

Di awal kedatangan Nicholas dan Wei Tang ke Jakarta, diperlihatkan ondel-ondel dan ada pula sejumlah polisi Indonesia.

Lokasi yang terlihat di film tersebut adalah Pasar Tanah Abang, rumah susun yang ada di kawasan Tanah Abang, Monas, dan juga Monumen Pembebasan Irian Barat yang dalam film itu disebut 'Papua Square'.
Pemeran Kassar juga mengatakan kalimat dalam bahasa Indonesia kepada para anak buahnya, seperti "Cepat! Dia punya mata-mata". Sedangkan pemeran Sadak, memakai batik Indonesia di adegan baku tembak tersebut.

Selain itu, adegan baku tembak yang terjadi di Monumen Pembebasan Irian Barat itu, juga diceritakan saat berlangsung pagelaran budaya yang menampilkan tarian Bali.

2.      THE PHILOSOPHER : AFTER THE DARK (2013)

Film yang dibintangi artis ternama Hollywood seperti Bonne Wrigth, Freddie Stroma, James D'Arcy, Daryl Sabara, Sophie Lowe, Rhys Wakefield dan Cinta Laura.

Film ini mengisahkan 20 anak remaja yang bersekolah di sekolah internasional di Jakarta. Mereka memilih kelas filosofi. Mereka juga berasal dari berbagai negara dan diajar oleh seorang guru yang diperankan oleh James D'Arcy

Sang guru mengajak ke 20 muridnya dalam sebuah permainan filosofi.Dalam permainannya hanya akan ada 10 dari 20 pelajar yang akan selamat dan menempati sebuah bunker.

3.      JAVA HEAT (2013)

Film yang dibintangi aktor Hollywood, Mickey Rourke dan Kellan Lutz ini mengambil proses syuting di Candi Borobudur dan sejumlah spot di Yogyakarta. Film ini berupaya mempertemukan budaya Amerika dan Indonesia dalam satu cerita.

Kisahnya adalah tentang adanya tim rahasia dari Amerika Serikat yang bekerjasama dengan kepolisian Indonesia. Mereka berusahan menangkap sindikat internasional pelaku penculikan putri Sultan Yogyakarta dan pencuri perhiasan milik keraton.




4.      SAVAGES (2012)

Film adaptasi novel berjudul sama arahan sutradara Oliver Stone ini melibatkan sejumlah nama besar di jagat perfilman Hollywood seperti Salma Hayek, Blake Lively, John Travolta, dan Taylor Kitsch. Sekitar enam hari penggarapan film ini dilakukan di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat.

Berkisah tentang dua orang sahabat yang tinggal bersama satu orang gadis. Kedua sahabat tersebut memiliki bisnis ganja. Namun ketika mereka menolak dikuasai oleh bos kartel asal Meksiko, gadis pujaan mereka diculik. Untuk menyelamatkan gadis tersebut mereka harus membayar sejumlah uang tebusan. Akan tetapi kedua sahabat ini menyiapkan strategi lain agar dapat menyelamatkan sang gadis tanpa harus mengeluarkan uang tebusan.

5.      ALEX CROSS (2012)

Film Hollywood arahan Rob Cohen ini mengambil lokasi pengambilan gambar di area Karangasem dan Nusa Lembongan. Film ini dibintangi Matthew Fox, Edward Burns, Rahel Nichols, dan Jean Reno.

Alex Cross (Tyler Perry) adalah seorang detektif di kota detroit yang ditugaskan untuk menyelidiki kematian seorang gadis bernama Fan Yau (Stephanie Jacobsen) yang disiksa sebelum dibunuh beserta pengawal-pengawalnya. Tidak hanya sebagai seorang detektif ia juga merupakan seorang Doktor dalam bidang psikologi abnormal dan forensik.

Alex Cross dibantu oleh rekan kerjanya yang bernama Tommy (Edward Burns) dan Monica (Rachel Nichols) menemukan petunjuk bahwa sasaran berikutnya adalah seorang pengusaha bernama Erich Nunemacher (Werner Daehn)

Alex bersama teman-temannya berhasil menggagalkan percobaan pembunuhan tersebut namun sayangnya sang pembunuh berhasil lolos. Karena merasa dihalangi oleh Cross dan kawan-kawannya maka the butcher (Matthew Fox) melakukan balas dendam dengan membunuh Monica dan Maria alias istri Cross.

6.      EAT PRAY LOVE (2010) 
diangkat ke layar lebar berdasarkan novel karya Elizabeth Gilbert. Film yang dibintangi oleh Julia Roberts ini menceritakan memasuki usia tiga puluh tahun Liz (Julia Roberts) telah mendapatkan semua yang diinginkan seorang wanita Amerika Serikat modern. Selain seorang suami dan sebuah rumah, Liz yang ambisius dan terpelajar juga punya karier yang cemerlang sebagai penulis.

Namun kebahagiaan itu tak berlangsung lama ketika Liz memutuskan untuk bercerai dengan suaminya.Untuk memulihkan kembali kehidupannya dan melupakan masa-masa pahitnya Liz pun mengambil sebuah keputusan besar. Ia meninggalkan pekerjaan dan orang terkasih janya untuk melakukan petualangan seorang diri.

Pada petualangannya ini Liz memilih beberapa negara sebagai tempat kunjungannya tanpa terkecuali Indonesia. Di pulau Dewata inilah kemudian Liz menemukan cinta sejatinya Gilbert (Javier Bardem).

7.      AMPHIBIOUS (2010)

Film ini bercerita tentang seorang ahli biologi yang mengambil sample makhluk prehistoris dari laut dalam Sumatera Utara. Dalam film ini juga terdapat adegan para penyelundup yang satu persatu terbunuh oleh makhluk misterius dari kedalaman laut.

Syuting film yang disutradarai oleh Brian Yuzna ini mengambil tempat di Kelapa Gading & Pantai Anyer, Jakarta, dan Batam.






8.      THE FALL (2006)

bercerita tentang seorang anak kecil yang dirawat di rumah sakit dan banyak menghabiskan waktu bersama seorang stuntman yang lumpuh setelah jatuh. Film ini diperankan oleh Lee Pace dan Catinca Untaru.

Lokasi syuting film The Fall di Indonesia adalah di Teges, Gianyar, Ubud, Bali.







9.      KING KONG (2005)
  Keindahan alam Indonesia menarik hati para pembuat film Hollywood untuk menggunakannya sebagai lokasi syuting, salah satunya film King Kong (2005). Film ini mengambil lokasi di Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara, yang menggambarkan pulau ini sebagai tempat mengerikan yang penuh hewan-hewan purba.

No comments:

Post a Comment